Rabu, 23 Juli 2014

WASPADAI GAMES PENGHINA ISLAM


Yudha Yudhanto

Penguasaan teknologi memang benar-benar bak pedang tajam bermata dua. Kali ini, kita bahas bagaimana tajamnya sebuah produk teknologi sehingga bisa menjerumuskan manusia, yaitu games!

Siapa tak kenal istilah game atau permainan berbasis komputer atau peralatan gadget lainnya? Secara umum, bermain game merupakan salah satu usaha refreshing (menghilangkan stres) dengan cara mengalihkan (pada satu titik, kadang bisa menghipnotis) fokus aktivitas dan pemikiran. Selain itu, game juga bisa berfungsi sebagai sarana belajar (learning), terutama untuk game-game dengan visi edukasi (mengenai hal ini, kita sudah membahasnya di edisi terdahulu).

Meski demikian, kita sebagai muslim harus berhati-hati menyikapi perkembangan maraknya berbagai jenis game. Saat ini, beredar informasi adanya beberapa game yang perlu diwaspadai karena diindikasikan dalam beberapa bagiannya memuat unsur penghinaan terhadap agama kita. Game apa sajakah itu? Berikut beberapa di antaranya.

1. Devil May Cry 3 
Secara garis besar, game ini menceritakan seseorang yang bertugas untuk menentang setan dan caranya adalah dengan memasuki sarang setan yang terdiri dari 12 pintu. Pintu pada gambar 1a adalah gambar jalan menuju alam setan. Sekilas,  pintu itu terlihat biasa saja, tidak ada yang aneh. Namun, bandingkan dengan gambar 1b.

Dengan sengaja, pembuat game membuat pintu tersebut persis menyerupai pintu Kabah. Maksudnya, tidak lain dan tidak bukan adalah untuk menghina umat Islam yang menurut mereka telah menyembah sarang setan (Kabah). Selain itu, terlihat lafadz Allah pada ukiran pintu dalam game ini. Hal ini jelas-jelas menghina Allah, yang berarti menghina Islam!

2. Clive Barker Undying 
Clive Barker Undying merupakan game garapan EA Games. Permainan ini mengisahkan perlawanan terhadap setan. Game ini dinilai menghina umat Islam karena saat gamer memasuki istana setan, terdapat lafaz Allah di dinding istana tersebut.

3. Guitar Hero 3 
Kabarnya, game ini membuat orang yang memainkannya mabuk, seolah-olah merasakan lantunan lagu dan jingkrak-jingkrak tanpa mereka sadari. Game ini menghina Islam dengan telak dan jelas. Di lantai pada game tersebut terlihat lafadz Allah. Lafadz Allah dengan jelas terpampang di lantai panggung dan di injak-injak. Selain itu, terlihat sebagai latar belakang panggung adalah simbol-simbol setan. Na‘uzubillah!

4. Resident Evil 4 
 Game yang bisa dibilang seru dan digemari remaja ini juga merupakan salah satu game yang menghina Islam. Dalam game ini diceritakan seorang yang bertugas mengemban misi menyelamatkan dunia dari ancaman zombie (mayat hidup) yang dikategorikan jahat dan wajib dibunuh. Unsur penghinaannya sebenarnya sudah ada sejak pertama kali game ini dimainkan. Tetapi, yang sangat jelas adalah saat Leon memasuki sarang zombie . Di pintu tersebut terdapat simbol iluminati dan pintu tersebut dibuat persis dengan pintu rumah Umar bin Khattab di gerbang masuk Masjid Nabawi.

Apakah mungkin unsur yang ada dalam game-game tersebut adalah kebetulan? Mari kita bentengi diri, keluarga, dan anak-anak kita secara dini. Memang betul, sang pemain tidak ngeh terhadap unsur game yang dimainkan, tetapi secara tidak sadar mereka sedang digiring masuk ke dalam kebencian terhadap Islam. Dan, ini akan berbahaya di kemudian hari.

Lantas, apa kabarnya dengan game islami? Bisa dibilang masih minim dan sedikit. Meski demikian, beberapa game dengan nilai-nilai keisalaman yang dapat putra-putri Anda mainkan adalah sebagai berikut.
1. Islamicplayground.com
2. gameedukasi.com/tag/edukasi-islami/

Game merupakan salah satu produk intelektual karena merupakan gabungan dari misi, analisis peramalan dan prediksi, serta skenario dengan dukungan seni grafis yang tinggi. Nah, jika itu dilandasi nilai-nilai Islam dan keimanan, maka akan menghasilkan produk game yang menarik berkualitas, serta menyelamatkan di dunia dan akhirat. Semoga kita terselamatkan dari aktivitas kesia-siaan, apalagi kemaksiatan. Amin

SUMBER: majalah percikan iman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar